Popular Post

Posted by : Hendra Yulisman 9 Apr 2012

Silaturahmi itu pentingAlhamdulillah. Puji dan syukur atas berkah Allah SWT.

Kemarin, tepatnya hari Minggu, tanggal 8 April 2012, Komunitas Blogger Aceh mengadakan Kopdar di Banda Aceh. Tema yang diusung adalah SEOKopdar. Jujur, ini adalah kali pertama Kopdar di Banda Aceh dilaksanakan semenjak saya bergabung dengan Komunitas Blogger Aceh. Bertemu teman-teman baru, yang memiliki hobi yang sama sungguh sangat menggembirakan. Namun, juga sangat membingungkan. Tahukah kenapa????

Asal mula kebingungan…

Flashback.

Sebelum acara ini dilaksanakan, saya, dan beberapa anggota yang baru bergabung tidak pernah bertatap muka secara langsung. Kami, saling berbagi cerita dan pengalaman hanya melalui Blog dan Halaman Facebook Komunitas Aceh Blogger. Pun demikian, kebingungan diperparah dengan Identitas Facebook yang digunakan oleh para anggota bukan nama aslinya, begitu juga dengan foto profilnya. Ya sudah, berangkat dengan kebingungan.

Sebelum berangkat ke tempat SEOKopdar, terlebih dahulu saya mengambil satu kardus buku untuk disumbangkan kepada Komunitas Aceh Blogger (Program 1 Blogger 1 Buku).

Setelah itu, saya berangkat menjemput teman hidup saya (karena hampir 12 jam setiap hari bersama), lalu kami pun berangkat ke tempat tujuan. Sesampainya, efek kebingungan pun mulai keluar. Sambil memegang sekardus buku, saya lihat kiri kanan, mencari orang yang belum saya kenal. Saya dikejutkan oleh ajakan teman saya, untuk duduk dulu. Sambil sangak (sangak adalah bahasa Aceh, yang artinya terihat bodoh), kami memesan minuman. Saat itu saya sadari, disamping saya ada bang Gunawan dan bang Saiful Bahri dari tadi memperhatikan saya, entah karena wajah saya, penampilan saya, ataupun aroma saya. Wallahualam…

Kebingungan mulai hilang…

Nah, pada saat itu, datang seorang pelayan menghampiri saya.

Pelayan : Bang, anak blogger ya…

Saya      : [agak terkejut, sepertinya dia membaca sticker Aceh Blogger yang tertempel di depan laptop saya] Ya, kenapa???

Pelayan   : Tadi ada juga bang, orang nanya-nanya tentang anak blogger.

Saya        : Oya??? [Alhamdulillah ya, sesuatu] Dimana orangnya???

Pelayan   : Sudah naik ke lantai dua bang,,

Saya        : Bisa panggilin sebentar [dengan gaya pejabat bergaji 40juta/bulan]..

Pelayan   : Kenapa abang tidak panggilin sendiri aja..[nada  agak sinis]

Saya        : Maaf dek, abang gak tau yang mana orangnya…[malu-malu kucing]

Pelayan  : Loch…masak sesama anggota tidak saling kenal??? [nada sudah menjadi super sinis dengan suara agak besar]

Saya      : Bukan gitu dek, abang anggota baru, dan ini pertemuan pertama abang dengan komunitas ini, jadi ya maklum, banyak yang belum abang kenal [dengan nada malu-malu mamak kucing]

Pelayan  : Ya sudah, saya coba panggil dulu..[langsung pergi ke lantai 2]

Saya      : [ Alhamdulillah ya ]

 

2 Menit berselang, si pelayan turun…

Pelayan : Bang, katanya abang disuruh naek aja..

Saya      : Ooo..ya sudah, tidak apa-apa, terima kasih banyak ya dek..

Selang waktu beberapa menit, Bang Fiqry a.k.a Bang Aneuk muncul, karena dari tadi sudah ditelpon teman saya ini….

Alhamdulillah…kami pun diajak ke lantai dua, dan disana sudah ada Bang Aulia, Bang M. Baiquni, Bang Maimun, bang Rizal…dan yang pertama sekali langsung menyapa kami berdua (saya dan teman saya tadi) adalah si Irfan…

Acara SEOKopdar pun dimulai…………

---o0o---

 

Hikmah yang harus kita Ambil

Seperti judul yang sudah saya buat, maka Silaturahmi saya jadikan hikmah nomor satu…

 

1. Silaturahmi itu sangat penting.

Sesuai dengan Firman Allah

Allah SWT berfirman :

"Sembahlah Allah dan janganlah kalian menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya kalian. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri." (QS. An Nisa: 36)

dan pada ayat yang lain,

Allah swt berfirman :

"Sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepada kalian agar kalian mengambil pelajaran."
(QS. An Nahl: 90)

Dari kedua Ayat Alquran tersebut, dapatlah kita lihat betapa pentingnya Silaturahmi, selain menghindari kita dari keadaan sangak [dalam hal ini, tidak tahu berbuat apa karena tidak kenal siapa-siapa], silaturahmi merupakan point nomor dua setelah kita disuruh untuk berbuat baik kepada kedua orang tua kita.

 

2. Malu bertanya sangak sepanjang jalan

Ya, malu bertanya sangak sepanjang jalan. Sebenarnya, kalimat ini plesetan dari malu bertanya sesat di jalan. Nah, kenapa saya buat sangak, karena dalam konteks kejadian ini, yang kami alami bukan sesat, tapi sangak, alias tidak tahu mau berbuat apa. Mau mencari orang, tapi tidak tahu siapa yang akan dicari. Mau ditelpon, tidak tahu siapa yang akan ditelpon. Benar-benar terlihat bodoh saya pada saat itu. Jika saja saya langsung berdiri di depan meja kasir dan berkata… “Hai, apa ada anggota Komunitas Aceh Blogger disini???” Mungkin saya tidak akan menunggu sampai 30 menit untuk sangak saja. Ataupun, saya langsung bertanya kepada Bang Feri dan Bang Samsul Bahri mengenai Aceh Blogger, karena dari pertama saya parkir sepededa motor, mereka berdua sudah curi-curi pandang kepada saya [atau teman hidup saya, kebetulan seorang perempuan]…

Untuk itulah teman-teman saya sekalian, Ayo kita bersama-sama lebih rajin lagi bersilaturahmi, atau paling tidak, pada foto profil Facebook, lebih baik digunakan foto pribadi saja, biar kami lebih mudah dalam mengenalnya.

Sekian dulu dari saya, semoga dapat diambil manfaatnya…

Marilah Kita Semua tingkatkan rasa Silaturahmi, karena Silaturahmi itu Penting, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh [bukan bercerai kawin lagi, ya!!].

Maju terus Komunitas Aceh Blogger..

7 Responses so far.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Sky of Shiroi Kiba - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -