Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

School Smart vs Street Smart

Kecerdasan. Pasti semua orang ingin cerdas bukan?? Tentu saja..
Kecerdasan, layaknya burung, juga banyak jenisnya. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan mengkhususkan pada School Smart dan Street Smart.
Kedua istilah ini sendiri, saya dapat pertama sekali di buku “Born To Be a Genius”, karangan Adi. W. Gunawan. School Smart mengandung makna Cerdas dalam hal akademis. Dan Street Smart, jika diartikan dari segi bahasa berarti “Cerdas Jalanan”, yang bermakna Cerdas dalam kehidupan sehari-hari.
Agar kamu dapat membedakan arti dari Istilah ini lebih jelas, bacalah dua cerita berikut.

School Smart vs Street Smart – Episode 1

Pada suatu hari, ada dua orang anak yang sedang pulang sekolah. Anak pertama, memiliki IQ yang sangat cerdas. Ia diketahui memiliki IQ yang superior atau jenius. Sedangkan, anak yang kedua hanyalah anak yang biasa-biasa saja. Kecerdasan anak kedua ini sangat jauh di bawah anak pertama tadi.
Setiap hari mereka pulang-pergi sekolah, harus melewati sebuah hutan kecil di pertengahan perjalanannya. Saat mereka asyik bersenda, tiba-tiba muncullah seekor beruang besar yang siap memakan mereka.
Anak pertama, si Jenius, dengan kecerdasannya langsung berhitung. Jarak mereka dari beruang besar  seberat 250 kg ini adalah 25 meter. Dengan kecepatan larinya, si beruang akan sampai di tempat mereka berdiri dalam waktu 7 detik. Dan jika berlari pun, si beruang masih bisa menggigit mereka pada detik ke 15…Berarti, dalam waktu 7-15 detik kemudian, mereka akan dimakan.
Sedangkan anak kedua, yang kalah cerdas dari anak pertama, langsung bersiap berlari. Kemudia anak pertama bertanya, “Apa yang akan kamu lakukan??”.
“Lari,” jawab anak kedua itu.
“Kamu kok bodoh sekali, dari hasil pemikiran saya, beruang ini akan tetap memakan saya walaupun saya berlari. Jadi percuma kalau kamu berlari” balas anak jenius.
“Yang kamu hitung kan kecepatan lari kamu. Untung saya lebih cepat larinya daripada kamu………………………” balas anak kedua sambil berlari sekencang-kencangnya.
Dari cerita di atas, siapakah yang lebih cerdas????
-oo0oo-

School Smart vs Street Smart – Episode 2

Suatu hari kamu berburu di hutan. Saat itu kamu melihat ada 5 ekor burung yang hinggap di satu dahan pohon. Pada saat itu, kamu berhasil menembak 1 ekor burung, berapa burung yang tersisa???
-oo0oo-

Saya hanya akan menjelaskan Episode 2 saja.
Apakah jawaban kamu 4 ??? Atau 1 ??? Atau bahkan menjawab “tergantung”????
Nah, sebenarnya jawabannya semua yang di atas itu benar. Lho?? Kenapa bisa??
Ok,,,,ini penjelasannya.
  • Jika kamu menjawab burung yang tersisa adalah 4, kemungkinan besar kamu tipe School Smart. Karena burung ada 5. Ditembak 1. Sisa 4.
  • Jika kamu menjawab burung yang tersisa adalah “tergantung”, kemungkinan besar kamu tipe Street Smart. Mengapa ??. Karena mungkin saja burung itu kena atau tidak. Jika satu burung kena, maka 4 burung yang lain akan terbang. Maka kamu akan mendapatkan satu burung. Dan jika satu burung yang kena itu mengenai sayapnya saja, Tidak ada satu burung pun yang tersisa.
  • Jika kamu menjawab 1 burung yang tersisa, karena menebak-nebak saja….tinggalkan komentar di bawah….akan saya beritahu kamu tipe apa…
Begitulah. Semua jawaban memag benar. Hanya penempatan jawaban yang menentukannya. Jika di sekolah, kamu menjawab 1 yang tersisa dengan alasan di atas, kamu tetap saja disalahkan oleh guru (kebetulan guru matematika). Jadi, bijaksanalah. Namun demikian, Street Smart-lah lebih menentukan kesuksesan kita daripada School Smart. Jadi, yang terpenting itu bukan seberapa cerdas kamu, tetapi bagaimana cerdas kamu.
Hendra Yulisman
Hendra Yulisman Alumni LPDP PK 41 - Catureka Mandala. Seorang Pengajar yang sedang Belajar. Softcore gamer. Sangat tertarik dengan IT, Mikrobiologi dan Media Pembelajaran.

Posting Komentar untuk "School Smart vs Street Smart"