Popular Post

Posted by : Hendra Yulisman 24 Okt 2011

PGRI logo

Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang Kode Etik Guru Indonesia. Kode Etik Guru Indonesia dapat dirumuskan sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi guru yang tersusun dengan baik dan sistematik dalam suatu sistem yang utuh dan bulat. Fungsi Kode Etik Guru Indonesia adalah sebagai landasan moral dan pedoman tingkah laku setiap guru warga PGRI dalam menunaikan tugas pengabdiannya sebagai guru, baik di dalam maupun di luar sekolah serta dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Dengan demikian, dapatlah kita katakan bahwa Kode Etik Guru Indonesia merupakan alat yang amat penting untuk pembentukan Sikap Profesional para anggota Profesi Keguruan.

Sebagaimana halnya dengan profesi lainnya, Kode Etik Guru Indonesia ditetapkan dalam suatu Kongres yang dihadiri oleh seluruh utusan Cabang dan Pengurus Daerah PGRI dari seluruh Indonesia, pertama dalam Kongres XIII di Jakarta tahun 1973, kemudian disempurnakan dalam Kongres PGRI XVI tahun 1989 juga di Jakarta. Adapun teks Kode Etik Guru Indonesia yang telah disempurnakan tersebut adalah sebagai berikut :

 

KODE ETIK GURU INDONESIA

 

Guru Indonesia menyadari, bahwa pendidikan adalah bidang pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bangsa, dan negara, serta kemanusiaan pada umumnya. Guru Indonesia yang berjiwa Pancasila dan setia pada Undang-Undang Dasar 1945, turut bertanggung jawab atas terwujudnya cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Oleh sebab itu, Guru Indonesia terpanggil untuk menunaikan karyanya dengan memedomani dasar-dasar sebagai berikut :

  1. Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia yang seutuhnya berjiwa Pancasila.
  2. Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional.
  3. Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan.
  4. Guru menciptakan susana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar-mengajar.
  5. Guru memelihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat sekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan.
  6. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesinya.
  7. Guru memelihara hubungan seprofesi, semangat kekeluargaan, dan kesetiakawanan sosial.
  8. Guru secara bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdian.
  9. Guru melaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan.

 

Demikan bunyi Kode Etik Guru Indonesia yang dikutip dari lembaran Kode Etik Guru Indonesia (yang disempurnakan pada Kongres XVI, Tahun 1989 di Jakarta) terbitan PGRI.

Kode Etik Guru Indonesia ini dibuat bukan tanpa dasar dan alasan. Dari isinya saja, kita bisa melihat bahwa Kode Etik Guru Indonesia berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang 1945, dengan alasan kesadaran Para Guru Indonesia bahwa pendidikan itu merupakan bagian dari pengabdian, baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, bangsa, negara, dan kemanusiaan pada umumnya.

Untuk itu, saya sangat berharap, bagi teman-teman sekalian, baik yang sudah menjadi seorang guru, maupun masih dalam tahap pendidikan, KITA sebagai seorang guru harus sadar tentang tugsa dan tanggung jawab KITA. Tugas seorang guru tidak hanya sekedar untuk datang ke sekolah dan mengajar ataupun mendidik, namun, Kita bertanggung jawab terhadap perkembangan potensi dari anak didik kita, agar mereka dapat mengembangkan potensi mereka sehingga terbentuk jiwa Pancasila dan meningkatkan Iman dan Taqwa pada diri mereka. Selanjutnya, tanggung jawab seorang guru, tidak hanya pada daftar hadir yang ada di sekolah harus penuh tertanda tangan, tidak hanya memberikan nilai akhir mereka, namun, seorang guru harus memperhatikan dampak dari setiap tenggung jawab yang mereka emban tersebut, Hal ini bertujuan agar Guru Indonesia mampu mengubah paradigma kehidupan Indonesia. Guru membawa pendidikan, pendidikan akan mengantarkan Peradaban yang Tinggi, dan Peradaban yang Tinggi akan melahirkan Pendidikan yang lebih baik lagi. Begitulah seterusnya…

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Sky of Shiroi Kiba - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -